Analysis of Factors Affecting The Income of Coffee Shop Msmes in Denpasar City
DOI:
https://doi.org/10.61132/ijema.v2i4.828Keywords:
capital, facilities, income, price, promotion, Working HoursAbstract
The Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) sector plays a crucial role in economic development by helping to reduce inequality resulting from uneven development processes. This study aims to analyze the simultaneous and partial effects of capital, price, working hours, facilities, and promotion on income, as well as to examine the moderating role of promotion on the effect of price on the income of coffee shop MSMEs in Denpasar City. The sample consisted of 85 coffee shop MSMEs selected using simple random sampling. The data analysis technique employed was moderated regression analysis (MRA). The results show that simultaneously, capital, price, working hours, facilities, and promotion significantly affect the income of coffee shop MSMEs in Denpasar. Partially, each of these variables—capital, price, working hours, facilities, and promotion—has a significant positive influence on income. Coffee shops equipped with complete facilities tend to earn higher income compared to those with fewer amenities. The findings also reveal that coffee shops utilizing promotional strategies generate higher income than those that do not. It is recommended that coffee shop MSME operators focus on long-term promotional strategies to build customer loyalty and increase income.
Downloads
References
Aji, A. W., & Listyaningrum, S. P. (2021). Pengaruh Modal Usaha, Lokasi Usaha, dan Teknologi Informasi terhadap Pendapatan UMKM di Kabupaten Bantul. JIAI (Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia), 6(1).
Anggara, R., Hasid, Z., & Noor, A. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan kedai kopi. Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM), 7(4). https://doi.org/10.29264/jiem.v7i4.11510
Badan Pusat Statistik Kota Denpasar. (2022). PDRB Kota Denpasar Menurut Lapangan Usaha.
Baga, N., Bokiu, Z., & Husain, S. P. (2024). Pengaruh Harga dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan. Jambura Accounting Review, 5(2), 160 - 169. https://doi.org/10.37905/jar.v5i2.129
Bambang Riyanto. (1998). Manajemen keuangan (Revised ed.). Jakarta
Boediono. 1996. Perpajakan Indonesia. Jilid 1. Jakarta: Kawula Muda.
Chanda Natha, D., & Martini Dewi, N., (2021). Pengaruh modal usaha, tenaga kerja, dan jam kerja terhadap pendapatan coffee shop di Kota Denpasar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Udayana.
Fajar, Laksana, 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
Faradisa, Isti. Hasiholan, Leonardo Budi. & Minarsih, Maria Magdalena. 2016. Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Indonesian Coffeeshop Semarang (ICOS CAFÉ).Journal of Management,2(2).
Fauziyyah, A., Yulia, I., & Pranamulia, A. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen A&W dengan Promosi sebagai Variabel Moderasi. Transformatif, 11(2). https://doi.org/10.58300/transformatif.v11i2.320
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Ginting, E. T. Y. (2022). ANALISIS PENGARUH MODAL, TENAGA KERJA DAN LAMA USAHA TERHADAP PENDAPATAN USAHA FOTOCOPI DI KOTA PALANGKA RAYA. JEPP: Jurnal Ekonomi Pembangunan Dan Pariwisata, 2(2), 124-134.
Gujarati, D.N. and Porter, D.C. (2009) Basic Econometrics. 5th Edition, McGraw Hill Inc., New York.
Habriyanto, H., Kurniawan, B., & Firmansyah, D. (2021). Pengaruh Modal Dan Tenaga Kerja terhadap pendapatan UMKM kerupuk Ikan SPN Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(2), 853. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i2.1572
Ardodik, Y., Jufri, A., & Handayani, T. (2024). ANALISIS FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN UMKM KEDAI KOPI DI KOTA MATARAM. Jurnal Oportunitas: Ekonomi Pembangunan, 3(2), 127-135.
Kolanus, L.T., Rumate, V.A., Engka, D. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Mikro Kecil (UMK) Di Kota Manado.Ekonomi Dan Bisnis Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Universitas Sam Ratulangi.Vol. 21 N0.4.
Kotler, Philip.(1997). Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia jilid satu. Pretice Hall. Jakarta.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Liswatin, L. (2022). Pengaruh Modal Awal, Lama Usaha, Jam Kerja Dan Jumlah Tenaga Kerja Terhadap Pendapatan Pedagang Toko Pakaian Di Kecamatan Unaaha. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(11), 2399–2408. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i11.358
M Suparmoko dan Irawan. 1992. Ekonomi Pembangunan. Yogyakarta: BPFE. .
Maulania, M. I. (2020). Pengaruh Modal Usaha Dan Harga Jual Terhadap Pendapatan Umkm (Studi Kasus Pada Pedagang Es Tebu Di Kelurahan Kedundung Kecamatan Magersari Kota Mojokerto) (Doctoral dissertation, STIE MAHARDHIKA SURABAYA).
Maulidiah, E. P., Survival, S., & Budiantono, B. (2023). PENGARUH FASILITAS TERHADAP KUALITAS PELAYANAN SERTA IMPLIKASINYA PADA KEPUASAN PELANGGAN. JURNAL ECONOMINA, 2(3), 727–737. https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.375
Ningsih, M. (2015). Klasifikasi dan peran angkatan kerja dalam ekonomi
Nopiani, S. A. K., & Rustariyuni, S. D. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pelaku
UKM Di Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana 9 (1), pp. 131- 135.
Pass, Christopher dan Bryan Lowes. 2001. Kamus Lengkap Ekonomi. Jakarta: Erl.
Prastyo, H. (2017). Angkatan kerja dan lapangan kerja.
Riyanto, Bambang. 2001. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.
Sadono Sukirno. 1996. Pengantar Teori Mikro Ekonomi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sembiring, A., Tmpubolon, J., & Purnasari, N. (2023). Peningkatan Pengetahuan Petani Kopi Karo dalam Pengolahan Pasca Panen Buah Kopi di Desa Buluhnaman Sumatera Utara. Jurnal Mitra Prima (JMP), 5(2).
Sholihat, A. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Krema Koffie. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 5(1), 1-15.
Siboro, K. A., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2021). Pengaruh Promosi, Lokasi dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Bakmi Golek Dewi Sartika. IKRAITH- EKONOMIKA, 4(3), 153-162.
Simanjuntak, Payaman. 1985. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta:LP-FEUI.
Sinaga, Mahaitin H., Sri Martina, and Djahotman Purba. 2024. “Pengaruh Modal Kerja, Jam Kerja Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pendapatan UMKM Di Kabupaten Simalungun.” Jurnal Ilmiah Accusi 6(1):151–60. doi: 10.36985/n4s0jb32.
Siregar, P. ., & Mustika, M. D. S. (2024). ANALISIS DETERMINAN PENDAPATAN PELAKU UMKM DI KABUPATEN BADUNG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9530–9539. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30883
Sitorus, MTF. 1994. Peran Ekonomi Wanita dalam Rumah Tangga Nelayan Miskin di Pedesaan Indonesia. Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. IPB: Bogor.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukanto Reksohadiprojo dan AR Karseno. 1995. Ekonomi Perkotaan.
Yogyakarta: BPFE
Sukirno, S. (2006). Ekonomi Makro: Teori Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sukirno, Sadono. (2011). Makroekonomi Teori Pengantar (ed.1,cet.20). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Suryana. 2001. Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat
Syahsudarmi, S. (2018). Pengaruh fasilitas dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan Kedai Kopi Bengkalis di Pekanbaru. Jurnal Development, 6(1), 47-60.
Utama. Made Suyana. 2016. Aplikasi Analisi Kuantitatif. Denpasar : CV sastra Utama
Utari, Tri and Putu Martini Dewi. 2014. “Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan Dan Teknologi Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kawasan Imam Bonjol
Denpasar.” E-Jurnal EP Unud 3(12):576–85. Retrieved
(http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63984).Wahyono, B. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang di Pasar Bantul Kabupaten Bantul. Jurnal pendidikan dan ekonomi, 6(4), 388-399.
Wardani, Dharu Kusuma.Patricia Diana Paramita dan Maria M. Minarsih(2016),Pengaruh Produk, Harga dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen yang Berdampak pada Repurchase Itention (Studi Kasus Pada Pelanggan PT. Ntronik Lintas Nusantara Semarang),Journal of Management Universitas Pandanaran, Vol.02 No.02, Maret 2016, Semarang.
Wenagama, I Wayan. (2013). Peranan Usaha Kecil Dan Menengah Dalam Penyerapan Tenaga Kerja Dan Tingkat Pendapatan Masyarakat Miskin Di Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung. Buletin Studi Ekonomi, vol 18 no 1, hal. 78-84.
Widyawati, R., & Karjati, P. D. (2021). Analisis Pengaruh Jam Kerja, Jumlah Pembeli, dan Modal Usaha terhadap Pendapatan Usaha Warung Kopi (Studi Kasus pada Pedagang Usaha Warung Kopi di Kecamatan Benowo, Surabaya Barat). Economie: Jurnal Ilmu Ekonomi, 2(2), 144-157. http://dx.doi.org/10.30742/economie.v2i2.1213
Yunianto. (2021). Data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).
Paramartha, I., & Purwanti, P., (2022). PENGARUH TENAGA KERJA DAN LAMA USAHA TERHADAP PRODUKTIVITAS DAN PENDAPATAN USAHA INDUSTRI KAIN BORDIR DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 1831-1855. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2022.v11.i05.p09
Permada, A. R. T., & Akbar, T. (2024). Pengaruh Fasilitas dan Lokasi Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Coffee Shop Pada “Tell Kopi Kediri”. Wawasan: Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan, 2(3), 295-306.
Prasetyo, M. I., & Verlandes, Y. (2024). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Pembelian Di Coffe Shop Kopi Teman Lama Kota Mojokerto. Philosophiamundi, 2(4), 113-121.
Windya Dewi, N., & Bendesa, I. K. G. (2023). Pengaruh Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Produktivitas Serta Pendapatan UMKM Bidang Kuliner di Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 771-785. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2023.v12.i11.p05.
Yosepha, S. (2021). Determinan Penggunaan Media Sosial, Kreativitas dan Pelatihan Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Coffee Shop di Kota Bekasi. Jurnal Manajemen Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma, 11(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 International Journal of Economics, Management and Accounting

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.