Targeting Global Markets: Malaysia and Singapore, Kayavit's Effective MSME Strategy to Go International

Authors

  • Yuliati Yuliati Universitas Negeri Malang
  • Sudarmiatin Sudarmiatin Universitas Negeri Malang
  • Rosmiza Bidin Universiti Putra Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.61132/ijema.v1i2.37

Keywords:

Strategi, Internasional, UMKM

Abstract

Berkembangnya usaha kripik buah yang mampu memenuhi permintaan dipasar domestik, Kayavit berusaha untuk bisa mengekspor hasil produksinya. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui  bagaimana strategi yang digunakan oleh Kayavit untuk menembus pasar global?dan tantangan yang dihadapi dalam penerapan strategi efektif UMKM Kayavit untuk Go International? Metode penelitian ini adalah  kualitatif, dengan studi kasus sebagai pendekatan, tehnik wawancara yang digunakan melibatkan  informan utama pemilik usaha dan informan pendukung adalah pekerja UMKM  Kayavit KotaMalang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah UMKM Kayavit sudah berhasil menembus pasar luar negeri yaitu Singapura dan Malaysia. Kendala yang dihadapi Kayavit dalam menembus pasar internasional adalah belum terpenuhinya semua permintaan global  karena kapasitas produksi yang tidak cukup besar. Birokrasi terkait produk ekspor yang rumit dan pesaing luar negeri yang menjual produk sejenis dengan harga yang lebih murah.Kontribusi penelitian untuk membantu petani sayur dan buah dalam meningkatkan ekonomi keluarga, UMKM Kayavit mengembangkan keripik sayur dan buah yang berkualitas dengan membeli bahan baku dari petani lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, J. W. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (Ketiga). Pustaka Pelajar Yogyakarta.

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5527820/ini-tantangan-umkm-tembus-pasar-global

https://kayavit.com/

https://sunmedia.co.id/blog/strategi-pemasaran-ini-bantu-umkm-go-international/

Joni, Sudarmiatin,Rosmiza, MSME Internationalization Strategy Towarrds Global Business Competition Case Study o CV. Dua Putri Sholihah “Hunay” Probolinggo, International Journal of Economics and Management Research,Vol 3 N0.1 , April 2024

M.Elfan Kaukab, 2020, Outlook Internasionalisasi UMKM 2021: Meraih Kesempatan dalam Perlindungan Pasca Pandemi, Fokus Bisnis Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi 19(2):154-160

Nelly Krzysztof , Wach Daszkiewicz, 2012, Internationalization of SMES: Context, Models, and Implementation

Putri Amandawati, 2024, Membidik Pasar Global: Strategi Efektif UMKM untuk Go Internasional, SPR MUM

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Yuliati Yuliati, Sudarmiatin Sudarmiatin, & Rosmiza Bidin. (2024). Targeting Global Markets: Malaysia and Singapore, Kayavit’s Effective MSME Strategy to Go International. International Journal of Economics, Management and Accounting, 1(2), 37–43. https://doi.org/10.61132/ijema.v1i2.37