Targeting Global Markets: Malaysia and Singapore, Kayavit's Effective MSME Strategy to Go International
DOI:
https://doi.org/10.61132/ijema.v1i2.37Keywords:
Strategi, Internasional, UMKMAbstract
Berkembangnya usaha kripik buah yang mampu memenuhi permintaan dipasar domestik, Kayavit berusaha untuk bisa mengekspor hasil produksinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan oleh Kayavit untuk menembus pasar global?dan tantangan yang dihadapi dalam penerapan strategi efektif UMKM Kayavit untuk Go International? Metode penelitian ini adalah kualitatif, dengan studi kasus sebagai pendekatan, tehnik wawancara yang digunakan melibatkan informan utama pemilik usaha dan informan pendukung adalah pekerja UMKM Kayavit KotaMalang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah UMKM Kayavit sudah berhasil menembus pasar luar negeri yaitu Singapura dan Malaysia. Kendala yang dihadapi Kayavit dalam menembus pasar internasional adalah belum terpenuhinya semua permintaan global karena kapasitas produksi yang tidak cukup besar. Birokrasi terkait produk ekspor yang rumit dan pesaing luar negeri yang menjual produk sejenis dengan harga yang lebih murah.Kontribusi penelitian untuk membantu petani sayur dan buah dalam meningkatkan ekonomi keluarga, UMKM Kayavit mengembangkan keripik sayur dan buah yang berkualitas dengan membeli bahan baku dari petani lokal.
Downloads
References
Creswell, J. W. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (Ketiga). Pustaka Pelajar Yogyakarta.
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5527820/ini-tantangan-umkm-tembus-pasar-global
https://sunmedia.co.id/blog/strategi-pemasaran-ini-bantu-umkm-go-international/
Joni, Sudarmiatin,Rosmiza, MSME Internationalization Strategy Towarrds Global Business Competition Case Study o CV. Dua Putri Sholihah “Hunay” Probolinggo, International Journal of Economics and Management Research,Vol 3 N0.1 , April 2024
M.Elfan Kaukab, 2020, Outlook Internasionalisasi UMKM 2021: Meraih Kesempatan dalam Perlindungan Pasca Pandemi, Fokus Bisnis Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi 19(2):154-160
Nelly Krzysztof , Wach Daszkiewicz, 2012, Internationalization of SMES: Context, Models, and Implementation
Putri Amandawati, 2024, Membidik Pasar Global: Strategi Efektif UMKM untuk Go Internasional, SPR MUM
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 International Journal of Economics, Management and Accounting
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.